Dalam Kondisi Sesulit Apapun Tetaplah Bersekolah







Betapa pentingnya pendidikan yang berparadigma kemanusian dengan menggali dasar-dasar etik pada seluruh demensi keilmuan. Konsep pendidikan yang lebih humanistik, yang memandang seluruh potensi manusia secara komperhensif dalam upayanya menyerap seluruh wawasan keilmuan dan demensi spritual-etiknya. Kelak, konsep semcam itu lebih dikenal dengn prinsip pendidikan yang integratif. 

Pemahaman awal yang harus diubah dalam proses transformasi ilmu dan nilai dalam sistem pendidikan adalah paradigma hubungan guru dan murid yang terbentang dalam hierarki pengajar dan pelajar, subjek dan objek. Proses Pendidikan sejatinya merupakan kegiatan antara manusia dengan manusia lainya ; pihak yang dididik adalah manusia, dan pihak yang mendidikpun juga manusia. Paradigma pendidikan tidak mengenal objek dalam pengertian definitif, karena objek dan subjek dalam sistem pendidikan berhimpit menjadi satu, yakni manusia. 































 

Komentar

Posting Komentar