Setelah dilakukan pencocokan terhadap faktor internal dan eksternal
agribisnis kopi robusta di Kabupaten Seluma dilakukan pengambilan keputusan
untuk menetapkan strategi utama dalam Pengembangan Agribisnis Kopi
Robusta di Kabupaten Seluma melalui alat analisa QSPM (Quantitative Strtaegic
Planning Matrix). Teknik ini secara objektif mengindikasikan alternative strategi
mana yang terbaik dari pilihan strategi yang ada. QSPM manggunakan input
dari tahap 1 (matriks IE) dan hasil pencocokan dari tahap 2 (SWOT). Adapun
langkah yang dapat dilakukan untuk membuat matriks QSPM adalah sebagai
berikut: (a) Membuat daftar faktor kunci internal dan eksternal, (b) Memberikan
bobot untuk masing-masing faktor kunci, (c) Memasukkan alternatif strategi
dari tahap pencocokan, (d) Menentukan nilai daya tarik (Atractiveness Scores-
AS) dari 1 = Tidak Menarik, 2 = agak menarik, 3 = cukup menarik dan 4 =
Komentar
Posting Komentar